GPC 2. SKILL DALAM PENDAKIAN

Mendaki sebuah gunung tentu bukan “permainan” remeh, perlu pengetahuan dan keterampilan agar kita aman dan nyaman dalam melakukan kegiatan pendakian ini di alam liar. Berikut ulasan beberapa skill yang harus dipelajari dan diasah secara terus menerus agar kita terbiasa dan semakin enjoy dalam melakukan kegiatan outdoor khususunya pendakian. Pada part 2 ini kita bahas poin skill yang dibutuhkan dalam pendakian gunung.

Berlatih untuk ketrampilan (point ke 6)
Ketrampilan2 ini yg harus dilatih, kalau yg point 1-5 (part 1 | https://juliwaoutdoor.wordpress.com/2014/02/24/part-1-metodologi-pendakian/ |  adalah perilaku personal yg harus dibiasakan.  Ketrampilan adalah point pendukung utama dalam kegiatan mendaki gunung, dan penentu juga apabila kita dalam kondisi survive atau injure. Apa aja sih yg dibutuhkan?

Skill yang dibutuhkan adalah : Manajemen perjalanan, Simpul2 dasar, prinsip survival, navigasi, self rescue atau basic first aid.

1. Manajemen perjalanan

Manajemen berkaitan dengan persiapan.  Misal berkaitan dengan ROP dan RAB (Rencana Operasional dan Anggaran), Manajemen Logistik, Manajemen Packing, dll.

Manajemen Perjalanan

Manajemen Perjalanan

 

Manajemen Logistik

Manajemen Logistik

Manajemen Packing

Manajemen Packing

2. Survival

Kemudian prinsip survival, knpa dikatakan prinsip? Karena setiap personal punya karakter masing2 dalam menghadapi situasi survive. Walaupun ada general knowledge yg harus dipelajari sebagai landasan tindakan dalam kondisi survive. nah nanti kita akan bahas general knowledge survival tesebut di part selanjutnya :)

bivac

 

survival kit

 

3. Simpul2 Dasar

Simpul2 dasar, ada beberapa simpul dasar yg harus diketahui sebagai pendaki gunung. Berikut diantaranya. untuk lebih lengkapnya, akan diulas dalam part selanjutnya :)

Tali Simpul

Tali Simpul

4. Navigasi Darat
Navigasi seperti penggunaan kompas dan membaca peta serta instrumen lainnya dalam bernavigasi termasuk penggunaan GPS. Ulasan lengkapnya dalam part sajian navigasi tersendiri yah :)

Navigasi darat

Navigasi darat

5. Self Rescue atau Basic First Aid

“Save your self before you self anyone else” Ini penting untuk selalu kita sama2 ingat.

Search and Rescue

Search and Rescue

Okey itu point ke 6. Untuk yg bersifat latihan ketrampilan ini baiknya praktek lapangan. Nantikan tanggal mainnya, kita praktek bareng yah :)

Part 3. Esok kita belajar Manajemen Pendakian. Tunggu yah :’)

Materi by @inoerimbu
Federasi Mountenerring Indonesia

Yuk menjadi Pendaki Cerdas!

Program Initiated by :

JULIWA OUTDOOR INDONESIA | Jaringan Rental Outdoor Gear [Pertama dan Satu Satunya] di Indonesia | Surabaya – Bandung – Jogja – Depok – Banyuwangi | Book Now!

Follow : @JuliwaOutdoor
Info      : Telp/SMS 087 852 643 796 | Bbm : 3158F22B | WA : 0888 573 0206

Jaringan Rental Outdoor Gears

Jaringan Rental Outdoor Gears

NB: Buat kamu yang punya komunitas, apa aja, daftarin di Juliwa Outdoor Partnership. Dapetin diskon 10% tiap transaksi di Juliwa Outdoor.

Juliwa Outdoor Partnership

Juliwa Outdoor Partnership

Iklan

2 responses to “GPC 2. SKILL DALAM PENDAKIAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s