GPC 9. 4 Basic Knowledge Dalam Survival

Tak ada orang yang menginginkan dirinya menjadi SURVIVOR di alam liar, misalnya tersesat di gunung, terdampar di suatu pulau yang tak berpenghuni, atau jatuh dari pesawat yg tak tau dimana rimbanya.

Namun, sebagai pecinta kegiatan outdoor, akan selalu ada kemungkinan bagi kita untuk menjadi SURVIVOR, betapapun kecilnya kemungkinan tersebut. Apa hal2 yang harus kita kuasai agar kita bisa meminimalisir hal2 tsb?

Berikut materi SURVIVAL edisi lanjutan dari materi sebelumnya.

Apa yang SANGAT DIBUTUHKAN dan harus DIKUASAI dalam SURVIVAL?

1.SIKAP MENTAL
Sikap mental yang mendukung survival diantaranya ; semangat, percaya diri, akal sehat, disiplin dan rencana kegiatan yang matang, serta kemampuan belajar dari pengalaman.

2.PENGETAHUAN
Pengetahuan yang berhubungan dengan tehnik survival yaitu ; cara membuat tempat perlindungan (bivak), pengetahuan cara memperoleh air dan makanan, membuat api, orientasi medan dan lain-lain.

3.PENGALAMAN dan LATIHAN
Survival adalah seni dan perlu kreativitas untuk menjalaninya, semakin kreatif seseorang maka semakin besar peluang orang tersebut untuk tetap hidup bahkan bisa menolong nyawa orang lain. Oleh karena itu pengalaman dan latihan sangat menentukan keberhasilan.

4.PERALATAN atau SURVIVAL KIT
Biasakan SELALU membawa survival kit dalam setiap perjalanan. Karena dengan memiliki survival kit, satu set perlengkapan sudah dimiliki untuk keadaan darurat. Isi kotak survival kit diantaranya ; korek api kedap udara, lilin, kaca pembesar, cermin, jarum dan benang, kail dan senarnya, sol sepatu dan benangnya, kompas, senter kecil, obat-obatan, dll.

Point diatas merupakan BASIC KNOWLEDGE dan SKILL yang harus dikuasai masing2 personal. Sebar materi ini ke temen2mu, tolong selamatkan dia dg merekomendasikan add pin bbm 7679A07C

Yuk Menjadi Pendaki Cerdas!

JULIWA OUTDOOR | Jaringan Rental Outdoor Gears PERTAMA di Indonesia!

#GerakanPendakiCerdas edisi 9. Survival

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s