Rafting, Cara Lain Menikmati Alam, Memacu Adrenaline, Menguji Nyali.

IMG_14222450073743

Pada hari Minggu yang lalu, tepatnya pada saat Hari Raya Idul Adha 1435 H adalah hari yang istimewa. Bukan karena berlimpah daging kurban untuk bikin sate, tapi karena saya beserta keluarga dan teman-teman liburan ke Karo Adventure. Apa itu? Karo Adventure adalah salah satu adventure provider di Banyuwangi yang cukup lengkap. Mulai dari Rafting, Riverboarding, Trail Adventure, Adventure Jeep, Cycling Adventure, Camping Ground, Outbond Training, Air Softgun, Paint Ball, Flying Fox dll. Cukup lengkap bukan? Untuk kita yang suka dan mungkin gila petualangan, tempat ini merupakan lokasi yang istimewa paten dan (pasti) jodoh sama pecinta outdoor sport. Buat pekerja kantoran atau perusahaan pun dapat pesan paket meeting di Karo Adventure ini.

karo rafting banyuwangi

Perjalanan kali ini lebih dalam rangka “Piknik”. Kami sekeluarga membawa makanan minuman camilan dan tak lupa, tikar untuk alas selonjoran dan tiduran di tengah hamparan sawah, sungai dan kebun yang membuat kita kembali ke alam.

Sebelumnya saya sudah kontak Pak Yusuf selaku GM dari PT Kaki Raung Indonesia (Karo Adventure) dan Pak Agus selaku Manager IT untuk berkunjung kesana dan  membawa “Pasukan”. Setiba di lokasi, kami disambut dengan sangat istimewa. Pun karyawan Karo Adventure yang sangat ramah dan bersahabat membuat kami betah berada disini.

Bukan hanya kami yang dewasa yang menyukai arena “bermain” ini, adik kami yang masih kelas 2 SD dan TK pun nyaman dan asyik bermain disini. Ada bendungan kecil setinggi lutut yang dapat digunakan untuk main Riverboarding buat kids. Tersedia pelampung buat anak-anak juga loh. Sehingga pengawasan anak-anak pun tak terlalu ribet dan tidak mengganggu permainan kami yang dewasa.

“Bagaimana pelanggan hari ini mas?” Tanyaku pada Pak Agus. “Alhamdulillah mas, lumayan ramai, udah beberapa yang turun rafting dan ada lagi yang udah booking tapi belum datang.” Jawabnya dengan diiringi senyum yang membuncah.

Benar saja, tak lama setelah kami bermain dengan adik-adik kami, datang satu rombongan keluarga dan anak-anak remajanya yang masih imut dan gemesin. “Lumayan nih buat cuci mata dan cuci hati.” ungkapku dalam hati.

Selang beberapa menit setelah mereka negosiasi harga dan terjadi klik-ketemuan-deal, para guide rafting menyiapkan alat seperti dayung dan perahu katetnya. Peserta pun bersiap memakai pelampung dan helm-nya. Standart keamanan (safety) yang benar sangat penting dan ditekankan disini. Karena rafting adalah salah satu olahraga yang memacu adrenalin dan berbahaya jika tak mematuhi aturan yang telah disepakati bersama. Rafting Guide di Karo Adventure pun telah dilatih sedemikian rupa melayani secara profesional dan lihai dalam mengarungi jeram-jeram sungai mbadheng ini. Tak lupa, mereka semua memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang menaungi olahraga Arung Jeram ini.

Team guide mengeluarkan 3 perahu. 2 untuk peserta dan 1 untuk perahu SAR (untuk keamanan). Kami diberikan kesempatan untuk mengikuti rombongan ini. Kamipun berangkat bersama rombongan dengan naik mobil pick up yang sudah disediakan untuk menuju lokasi start rafting. Perjalanan menyusuri persawahan dan perkebunan membuat otak kami yang penat menjadi segar kembali. Selang 15 menit, kami sampai di lokasi start point rafting. Sebelum kami mengarungi jeram sungai Mbadheng ini, guide memberi ilmu-ilmu dan panduan dalam olahraga ini. Mulai dari bagaimana mengendalikan dayung, bagaimana posisi kaki, bagaimana jika ada semacam jeram yang cukup tinggi, dll.

Akhirnya, kami pun berdoa dan petualangan pun dimulai dari sini.

Mulai sungai yang tenang, membungkuk dibawah jembatan, hingga jeram yang tinggi dan deras kami lalui dengan enjoy dan menyenangkan.

Hamparan sawah dan gemericik air menambah indah pemandangan. Gadis cantik disebelah juga ikut membuat jantung berdegup lebih kencang dan mata lebih segarrr.

karo rafting banyuwangi

karo rafting banyuwangi

Jika datang kesini bulan-bulan hujan seperti desember-maret, maka arus yang tercipta akan semakin deras dan liar.

Lebih dari sejam berjuang dengan dayung dan perahu karet, akhirnya kami tiba juga di finish point, disambut dengan makanan minuman penutup.

IMG_1686547090831

Buat yang tak suka rafting, bisa juga main karaoke di aula My Karavan yang telah disediakan. Juga ada cafe tepi sungai yang membuat suasana semakin romantis dan istimewa.

Pun bisa juga hunting foto di area persawahan yang luas hijau membentang dari barat hingga timur Karo Adventure ini. Di sisi utara merupakan hutan pinus yang lebat dan mungkin cukup puas jika main petak umpet disini, atau mau main “india-india-an” dengan menari dibelakang atau mengitari pepohonan ^_^

Mau mandi dan berendam di sungai pun patut dicoba. Sungai yang bersih dan bening membuat kaki semakin bergairah untuk ditenggelamkan.

Oh iya, buat yang suka memancing, ada kolam pemancingan yang pastinya membuat petualangan anda semakin lengkap.

Bagaimana menuju kesini? Jika naik kereta api, turunlah di stasiun Rogojampi, lanjut naik ojek sampai desa Sumberbuluh, Songgon, Banyuwangi. Pun jika melalui pesawat, turun di Bandara Blimbingsari lantas naik ojek ke desa Sumberbuluh Songgon. Ikuti saja petunjuk pada Baliho/spanduk yang menunjukkan arah “Karo Rafting” searah dengan petunjuk arah ke X-Badheng.

Harga yang anda bayar tak seberapa dengan petualangan seru yang akan anda dapatkan. Mulai dari 100 ribu-an saja anda dan keluarga atau teman anda dapat menikmati layanan rafting yang paripurna ini.

Jika anda kesulitan untuk menjangkau lokasi ini, anda dapat mengintip info transportasi di blog ini demi kemudahan liburan anda.

Untuk reservasi dan kerjasama event di Karo Adventure ini, anda dapat menghubungi Helmy di 0878.5264.3796

Ayo Jelajahi Keajaiban Banyuwangi!

Salam Backpacker Banyuwangi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s