Tips Meminimalisir Serangan Pacet

Tips meminimalisir serangan pacet

  1. Jangan mendaki saat musim hujan
  2. Oleskan air tembakau — Cara membuatnya cukup sederhana : campurkan tembakau ke dalam wadah yang berisi air, lalu kocok dan diamkan hingga beberapa jam agar kandungan zat yang terdapat pada tembakau dapat larut dalam air. kemudian oleskan air tembakau tersebut pada bagian yang rentan terhadap serangan pacet seperti pada kaki maupun lengan.
  3. Menutup bagian tubuh yang rentan dengan serangan pacet
  4. Selalu cek keadaan tubuh setiap beberapa waktu
  5. Oleskan minyak komando –Minyak komando adalah sebuah istilah nama karena sering digunakan oleh pasukan komando saat menjelajah hutan. Minyak ini banyak manfaatnya karena selain dapat dibuat menggoreng, juga dapat meminimsalisir dari serangan binatang pacet. cara membuatnya cukup mudah yaitu potong tipis beberapa siung bawang merah, kemudian masukan kedalam botol yang berisikan minyak goreng atau minyak kelapa. tunggu -/+ 15 menit sampai getah bawang tercampur dengan minyak tersebut. Semakin lama penyimpanannya maka semakin bagus pula khasiatnya. setelah itu, oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan atau yang rentan kena serangan pacet.
  6. Gunakan lotion anti nyamuk

Jika menemukan pacet yang sedang menghisap darah, sebaiknya tidak langsung dicabut dengan tangan kosong karena lebih beresiko terjadi pendarahan akibat alat penghisapnya yang bisa saja tertinggal dikulit. Lalu apa yang bisa kita lakukan:

a. Gunakan api atau putung rokok — Pacet tidak tahan dengan suhu panas dari api dan putung rokok. Dengan menempelkan api atau putung rokok maka pacet akan menggeliat dan melepaskan diri dari gigitannya.

b. Oleskan sesuatu yang memiliki rasa dan bau menyengat — Bisa air garam, balsem, minyak kayu putih, minyak tanah, minyak tembakau dan minyak komando. Oleskan pada tubuh pacet dan sekitar gigitannya. dijamin pacet akan melepas diri dari gigitannya karena pacet tidak tahan dengan bau yang tajam.

c. Beri betadine — Berilah betadien pada luka yang terbuka. Hal ini berguna untuk mengurangi terjadinya infeksi

 

Sumber : @yuyunm / wanitagunung

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s